Target Raih Sekolah Adiwiyata, MTsN 3 Gandeng MTsN 1 Mempawah Teken MoU

Jungkat— Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 3 Mempawah berikhtiar mengikuti jejak MTs Negeri 1 Mempawah yang telah ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional. Berangkat dari keinginan kuat itulah Kepala MTs Negeri 3 Mempawah, Nur’ani menggandeng Kepala MTs Negeri 1 Mempawah Tutik Rusmawati untuk menjalin kerjasama. Kerjasama itu tertuang dalam dokument Memorandum of Understanding (MoU). 

Penandatanganan nota kesepahaman itu diteken pada Selasa (2/8/2022) siang di ruangan MTs Negeri 3 Mempawah. Tampak hadir menyaksikan penandatanganan itu Dr. Yasri dari Pusdiklat Keagamaan Kemenag RI selaku tim pendamping inovasi madrasah, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Mempawah, Rudiansah dan para wakil kepala madrasah pada MTs Negeri 3 Mempawah. Usai penandatangan kerjasama itu dilakukan sesi foto bersama.

Kepala MTs Negeri 1 Mempawah, Tutik Rusmawati menuturkan, “Sangat mendukung kegiatan kerjasama tersebut. Pada dasarnya Adiwiyata dapat dilaksanakan oleh seluruh sekolah/madrasah. Menciptakan lingkungan sekolah yang asri, hijau, rapi dan bersih  adalah mendukung usaha agar peserta didik dan pendidik betah berada di dalamnya. Selain itu pendidikan karakter cinta terhadap lingkungan sangat baik untuk membentuk karakter dan membudayakan pelestarian lingkungan hidup untuk generasi kedepan,” ujarnya ketika diminta pendapatnya usai penandatanganan MoU. 

Selain itu, Tutik Rusmawati juga berharap  agar MTsN 3 Mempawah dapat bersinergi dengan  MTsN 1 dalam mendukung isu-isu tentang pelestarian alam. Tutik menjelaskan, MTs N 1 Mempawah akan memberikan pembinaan kepada MTsN 3 dalam merealisasikan program lingkungan. Kemudian memasukan pendidikan karakter cinta terhadap lingkungan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan baik di dokumen 1 dan dokumen 2. 

Terpenting itu adalah “Membiasakan pada peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan untuk berperilaku cinta terhadap lingkungan. Untuk itu perlu komitmen dan dukungan semua warga madrasah,” pungkas Tutik. 

Kontributor: Aspari/Humas Kemenag Mempawah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *