IHT IKM KKM MTs Negeri 3 Mempawah

In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka dilaksanakan Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MTs Negeri 3 Mempawah pada Senin, 16 Oktober 2023 di ruang kelas MTs Negeri 3 Mempawah. Sebagai nara sumber dalam kegiatan tersebut adalah totor Kurikulum Merdeka Kementerian Agama Kabupaten Mempawah ibu Arfinarti, S.Pd dan Nur’aini, M.Pd,I. Kegiatan ini diikuti oleh guru dan kepala Madrasah di lingkungan KKM MTs Negeri 3 Mempawah. Hadir dalam kegiatan tersebut Pengawas Madrasah Kementerian Agama Mempawah Drs. Idam Shollekh.

Tutor Kurikulum Merdeka Kementerian Agama Mempawah Arfinarti, S.Pd dalam pemaparannya menyampaikan bahwa Kurikulum Merdeka mendorong guru untuk inovatif dan kreatif dalam menyampaikan materi. “Pemerintah memberikan kemerdekaan kepada sekolah untuk mengembangkan pembelajarannya berbasis kearifan lokal. Selain ada perubahan istilah dalam perangkat pengajaran, juga ada kegiatan Proyek Pengutan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan juga untuk madrasah ada Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (P2RA). Untuk itu, penting sekali bagi sekolah mendorong guru menggunakan kearifan lokal dalam pengajarannya,” tutur Arfinarti.

Kepala MTs Negeri 3 Mempawah Nur’aini, M.Pd.I menyampaikan bahwa semua sekolah di lingkungan KKM MTs Negeri 3 Mempawah dianjurkan untuk menggunakan kurikulum merdeka di pelajaran 2024/2025. Karena itu, semua elemen dalam madrasah sudah harus memahami implementasi kurikulum merdeka dalam proses belajar belajar. Sebenarnya kurikulum merdeka tidak terlalu jauh berbeda dengan kurikulum sebelumnya, namun bedanya hanya istilah-istilah dan penekanannya yang sedikit berbeda yang harus dipahami oleh semua guru di madrasah. Dengan IHT, semoga para guru dapat memahami dengan baik implementasi kurikulum merdeka,” harap Nur’aini.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *