MTs Negeri 3 Mempawah Meriahkan Budaya Robo’-robo’

Jungkat—Momen acara Robo’-robo’ atau hari Rabu terakhir bulan Shafar yang jatuh pada Rabu, tanggal 21 September 2022 MTs Negeri 3 Mempawah mengadakan festival budaya Robo’-robo’ yang menamplkan pakaian tradisional daerah dan diiringi dengan doa bersama untuk keselamatan bangsa. Acara Robo-robo adalah budaya daerah Kabupaten Mempawah untuk mengenang sejarah pendirian Kota Mempawah. Hadir dalam kegiatan ini seluruh guru dan staf Tata Usaha MTs Negeri 3 Mempawah bersama seluruh siswa. Acara dilaksanakan di halaman upacara MTs Negeri 3 Mempawah.

Waka Humas MTs Negeri 3 Mempawah Hj. Munira, S.Ag menyampaikan bahwa kegiatan Robo’-robo’ merupakan agenda tahunan masyarakat Mempawah dalam menyambut hadirnya bulan maulid, atau bulan Rabiul Awwal sebagai hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. “Dalam kegiatan Robo’-robo’ ini biasanya diadakan doa bersama dan makan bareng di masjid, di mushalla atau di tempat-tempat umum. Selain itu juga diadakan kegiatan-kegiatan khas daerah seperti festival pakaian daerah, lomba sampan, dan hiburan-hiburan. MTs Negeri 3 Mempawah turut bersyukur dan berdoa di hari Robo-robo ini dengan mengadakan doa bersama dan festival pakaian adat daerah Kabupaten Mempawah,” ungkap Munira.

Kepala MTs Negeri 3 Mempawah Nur’aini M.Pd.I menyampaikan bahwa acara Robo’-robo’ adalah budaya khas lokal Kabupaten Mempawah yang sarat dengan nilai-nilai sejarah. “Dari acara Robo’-robo’ ini menggambarkan perjuangan orang-orang terdahulu bersama raja dalam membangun Kabupaten Mempawah. Untuk itu, momentum Robo’-robo’ ini perlu diceritikan kepada siswa-siswi sejarah berdirinya kota Mempawah dan perjuangan para raja dan masyarakat Mempawah dalam perjuangan membangun kota Mempawah. Diharapkan dari cerita-cerita tersebut memotivasi para siswa dalam mengisi dan membangun daerah di saat ini,” harap Nur’aini.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *