Pesantren Kilat Ramadhan 1445 H MTSN 3 Mempawah

MTs Negeri 3 Mempawah mengisi Ramadhan 1445 H dengan kegiatan Pesantren Kilat selama tiga hari, yaitu tanggal 19 s.d 21  Maret 2024. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh  Kepala MTs Negeri 3 Mempawah  pada Selasa, 19 Maret 2024 di Masjid Al-Falah Wajok Hilir. Pesantren kilat ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi MTs Negeri 3 Mempawah yang berjumlah empat ratus lebih siswa. Materi pesantren kilat ini seluruhnya adalah berkenaan dengan seputar agama, seperti hikmah puasa, fiqh puasa, tujuan dan hikmah shalat dan al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Selain itu yang paling menarik dalam Pesantren kilat kali ini adalah game-game menarik yang berhadiah uang tunai.

Ketua panitia Pesantren Kilat Ramadhan Ahmad  Latif, MA menyampaikan bahwa pesantren kilat merupakan kegiatan tahunan di MTs Negeri 3 Mempawah, namun selama masa pendemi, sekitar empat kali puasa tidak diadakan lagi pesantrern kilat. “Jadi Pesantren kilat kali ini adalah perdana setelah masa pandemi Covid 19 berakhir. Pesantren Kilat penting dilaksanakan untuk memberikan bekal-bekal agama kepada siswa-siswi dan juga memberikan pengalaman bagi mereka untuk menjadi santri, walaupun dalam waktu singkat”, ungkap Latif,

Kepala MTs Negeri 3 Mempawah Nur’aini M.Pd.I  menyampaikan bahwa Pesantren Kilat adalah sarana untuk memberikan bekal bekal agama bagi siswa-siswi. “Pesantren Kilat penting sekali bagi para generasi muda, agar mereka merasakan apa yang dilakukan santri di Pondok Pesantren dalam menimba ilmu agama dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu itu penting, namun lebih penting lagi adalah adab atau akhlak. Jadi Pesantren kilat ini juga mengajarkan akhlak mahmudah yang harus dipraktekkan dalam kehidupan di masyarakat. Jangan pernah lelah mendidik siswa-siswi untuk menjadi generasi yang berilmu dan juga berakhlak”, tegas Nur’aini.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *